979 Pekerja dan Mitra Kerja Pertamina MOR III Tes Narkoba

0
114

BANDUNG – Sebanyak 979 pekerja dan mitra kerja di operasi wilayah Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III, melakukan tes pemeriksaan Narkotika Alkohol Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA). Kegiatan tersebut dilakukan Pertamina MOR III dan Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) untuk menjamin lingkungan kerja yang sehat serta terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Unit Manager Communication dan CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami menuturkan, program tersebut merupakan inisiasi tim Medical Pertamina MOR III untuk melindungi pekerja dan mitra kerja yang terdiri dari TKJP dan awak mobil tangki di wilayah Jakarta, Tasikmalaya, Balongan, Bandung dan Banten dari bahaya kesehatan penyalahgunaan NAPZA.

“Pekerja dan mitra kerja adalah aset perusahaan. Kami harus pastikan di lingkungan kerja yang sehat. Program ini sangat penting guna mendukung efektivitas dan keselamatan kerja, serta kualitas Sumber Daya Manusia di Pertamina MOR III,” ujar Dewi melalui saat dihubungi, Selasa (19/2/2019).

Baca juga : Uu Arahkan Pelaku Industri Jabar Beralih ke Segitiga Rebana

Kata Dewi, pemeriksaan NAPZA kepada para pekerja dan mitra kerja dilakukan dengan metode randomize screening test dengan lima parameter yaitu morfin, ganja, amphetamin, benzodiazepine, dan methamphetamin. Dari hasil tes, diketahui 100 persen pekerja dan mitra kerja sekaligus awal mobil tangki negatif narkoba.

“100 persen tak ada yang menggunakan narkoba di lingkungan Pertamina MOR III Jawa Bagian Barat,” ungkap Dewi.

Sebelumnya, tim manajemen Pertamina MOR III lebih dahulu melakukan tes dan menandatangani komitmen anti narkoba. Dalam komitmen itu disebutkan bahwa program penanggulangan NAPZA di lingkungan Pertamina MOR III sesuai dengan Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Permanker nomor 11 tahun 2005 tentang Pencegahan Narkoba. Hal tersebut juga sejalan dengan Komitmen Direksi Pertamina pada 26 September 2017 tentang Anti Narkoba dan Peduli HIV/AIDS.

“Sebagai perusahaan yang mengedepankan aspek safety, kami (Pertamina) berkomitmen menjamin lingkungan kerja yang aman, sehat dan terhindar dari risiko penyalahgunaan dan peredaran narkoba,” pungkasnya.(hdy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here