Akibat Overstay, Kantor Imigrasi Bandung Deportasi 4 WNA asal Nigeria

0
114
Petugas Imigrasi Kelas 1 Bandung saat mengawasi sejumlah WNA asal Nigeria yang overstay saat mengemas barang bawaaanya di kantor Imigrasi Bandung Jalan Surapati No 82 Kota Bandung Jawa Barat. (foto: Caca)

BANDUNG – Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, Jawa Barat, telah mendeportasi sebanyak 4 (empat) orang dari lima belas warga negara asing (WNA) asal Nigeria yang terbukti menyalahgunakan visa atau izin tinggal.

Menurut Yosa Anggara (kasi Inteldakim) Keimigrasian Kelas I Bandung mengatakan sebanyak 15 lima belas orang WNA asal Nigeria kita deportasi empat orang dipulangkan ke negaranya karena masa izin tinggalnya telah habis atau overstay. Ke-empat WNA Nigeria tersebut di berangkatkan menggunakan maskapai Ethiopia Airline pada hari Sabtu (12-01-2019) pukul 20:40, kata Yosa Anggara, Senin,(14/01)

Menurutnya, saat diberangkatkan ke Bandara Sukarno- Hatta ke-empatnya di bawa meggunakan kendaraan Deteni dan di jaga ketat oleh petugas imigrasi kelas 1 Bandung . Adapun nama-nama ke-empat WNA Nigeria yang dideportasi yaitu berinisial (Kel), (Sam), (Dar), dan (Chi). Keempatnya terbukti telah melanggar undang-undang keimigrasian nomer 6 tahun 2011 pasal 75 ayat 2, Ucap Yosa.

Sebelumya, lima belas WNA asal Nigeria ini ditangkap petugas Imigrasi Bandung pada 26 hingga Desember 2018 di dua tempat berbeda saat razia. Dua orang diamankan di Apartemen Buah Batu Park dan yang lainnya ditangkap di Apartemen Newton Bandung beberapa pekan yang lalu.

Saat penangkapan petugas keimigrasian dibantu TNI dan Polri kemudian mendatangi lokasi dan menemukan bahwa seluruh WNA tersebut tidak bisa memperlihatkan dan menyerahkan dokumen perjalanan atau izin tinggal yang dimilikinya saat diperiksa petugas.

Berdasarkan aturan undang-undang keimigrasian ketika tidak bisa menunjukan paspor maka petugas bisa membawanya ke ruang tahanan Deteni kantor Imigrasi Bandung Jalan Surapati no.82 Kota Bandung, terang .

Yosa memaparkan, saat dilakukan pemeriksaan keseluruhannya diketahui masa berlaku izin WNA asal Nigeria tersebut telah habis lebih dari 60 hari dari batas waktu yang diberikan Keimigrasian, “ karena ke -empat warga Nigeria masa izin tinggalnya telah habis atau overstay maka dikenakan sanki pendeportasian, sedangkan yang lainnya masih dalam pendalaman proses penyidikan ”,tutur Yosa Anggara. (Caca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here