Jelang Musim Penghujan,DPU Kota Bandung Bersihkan Drainase dan Gorong-gorong

0
79
R. Deni Saputra (Kepala Seksi Sumber daya air dan drainase DPU Kota Bandung)

TOPIKSATU.COM- Memasuki musim penghujan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung mengerahkan sebanyak 80 personil petugas kebersihan sungai guna mengantisipasi bencana banjir di Kota Bandung.

Petugas kebersihan tersebut diturunkan untuk membantu membersihkan saluran air pada drainase, gorong-gorong, sungai maupun anak sungai se- Kota Bandung.

Kepala Dinas PU Kota Bandung Arif Prasetya melalui Kasi Sumber daya air dan drainase R. Deni Saputra mengatakan, puluhan personil kami sebar untuk membersihkan saluran-saluran air drainase. Mereka bertugas membersihkan sampah yang menyumbat pada gorong-gorong maupun drainase, kata Deni Saputra saat di hubungi via tlp Selasa,(7/08/2018).

Menurutnya, musim kemarau sangat baik kita gunakan untuk membersihkan saluran-saluran drainase maupun gorong- gorong. Selain itu, Dinas PU juga akan mempersiapkan peralatan pompa mobile dan pompa fortable guna antisipasi genangan air jika musim penghujan nanti, ucapnya.

“Perlu diwaspadai ada sejumlah titik jalan protokol yang rawan genangan air diantaranya yaitu, Jalan Supratman, Jalan Rumah Sakit (Perwmpatan Gedebage Bandung), Jalan Pasirkoja, dan sekitar Jalan Asia Afrika,” terang Deni

Lebih jauh Dia menjelaskan, setiap hari secara rutin pihaknya terus melakukan monitoring ke sejumlah jalan yang ada drainase nya maupun sungai-sungai di Kota Bandung. Sedangkan untuk saluran air pada jalan ptotokol yang sudah kita bersihkan diantaranya yaitu, Jalan Dago, Jalan Buahbatu, Jalan Supratman dan Jalan Antapani Kota Bandung, paparnya.

Dirinya mengakui, saat memperbaiki saluran air pada drainase maupun gorong-gorong petugas mengalami sejumlah kendala. Diantara itu yaitu pada penertiban utilitas di bawah saluran air. Seperti kabel listrik, kabel telkom, pipa air dan pipa gas. Sehingga hal demikian diperlukan sinergi dengan pihak-pihak terkait, paparnya.

Dirinya menghimbau bagi rumah warga yang berada di jalan protokol maupun di daerah aliran sungai (DAS), agar ikut menjaga kebersihan saluran air. Juga tidak membuang sampah ke sungai, tutur Deni Saputra. (Caca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here