Tiga OPD Ini Dapat Raport ‘Merah’

0
111
Anggota DPRD Jawa Barat, Dr. SUNATRA, SH., MS.

BANDUNG – Realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2017 telah mencapai angka 93,7 persen atau Rp 32 Triliun dari Total APBD 2017 senilai Rp 34,3 Triliun.

Dari realisasi anggaran itu ditemukan Tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki raport merah, terutama dalam hal penyerapan anggaran yang kurang dari 60 persen. Ketiga OPD tersebut menurut Anggota Banggar Sunatra, yakni Dinas Pendidikan, Kesehatan dan Sosial.

”Dari hasil laporan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) APBD 2017 ada beberapa OPD yang serapannya rendah, yaitu pertama Dinas Pendidikan, Kesehatan dan Dinas Sosial,” kata anggota Fraksi Partai Gerindra itu pada wartawan di DPRD Jawa Barat, Jumat (29/12/2017).

Dia bahkan menyebutkan ketiga OPD tersebut, setiap tahunnya memang memiliki serapan anggaran yang rendah sehingga mendapat predikat OPD berapot merah. Dia berharap kedepannya pola ini bisa diubah agar lebih baik lagi.

Kuat dugaan sebut dia, rendahnya penyerapan anggaran itu lantaran ketiga OPD dimaksud minim program namun anggaran besar. Selain itu, tidak menutup kemungkinan adanya pelaksanaan kegiatan yang dipaksakan di saat menuju tutup buku anggaran. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here