Sebanyak 1021 Petani Kota Bandung, Mendapat Kartu Tani Pupuk Bersubsidi

0
385
Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Hj.Elly Wasliah saat memberikan simbolis Kartu Tani ke Perwakilan kelompok tani Bandung, di Hotel Shakti Jalan Sokarno Hata, (Foto : Caca)

BANDUNG- Sebanyak 1021 petani di Kota Bandung menerima Kartu Tani dari Kantor Mandiri wilayah Bandung. Penyerahan atau launching Kartu Tani dilakukan oleh Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Elly Wasliah di Shakti Hotel Jalan Sukarno Hatta No, 735 Kota Bandung, Kamis(21/12).

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Elly Wasliah mengatakan, berterima kasih kepada para kelompok tani se-Kota Bandung dan Bank Mandiri. akhirnya petani di Kota Bandung dapat menerima kartu tani yang nantinya bisa dinikmati para petani yang ada di Kota Bandung. Jadi pemerintah menginginkan semua petani mudah dalam mengakses dalam segala hal program yang menyangkut petani terutama pupuk, kata Elly Wasliah.

Elly Wasliah mengungkapkan, berdasarkan laporan yang masuk ada beberapa kendala disetiap kecamatan berbeda. Seperti penyaluran pupuk, bidang pertanian, atau jenis pertanian yang dilakukan. Namun saat ini melalui kartu tani, masyarakat akan semakin dipermudah, selain itu bagi petani yang masih belum memiliki e-KTP diharapkan untuk segera mengurusnya, karena ini sangat dibutuhkan sebagai syarat mendapatkan Kartu Tani,ungkapnya.

“Harapan saya para petani Kota Bandung terus semangat, kami akan berusaha terus upaya memajukan perekonomian para petani di Kota Bandung. Tahun depan kita akan usulkan petani agar bisa mendapat bantuan,” pungkas dia.

Dia menambahkan, penerima kartu tani adalah anggota kelompok tani yang sudah terdaftar di Dinas Pangan dan Pertanian Kota Badung.Sehingga mereka bisa mendapat pupuk bersubsidi. Namun hanya diberikan kepada petani dengan luas lahan dan jenis tanaman yang sudah direncanakan dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK). Petani tidak bisa membeli pupuk bersubsidi diberbagai kios pupuk, karena datanya hanya tercatat di kios pupuk di tempat yang terdekat.

“Dengan adanya Kartu Tani, maka ada kepastian petani terjamin kebutuhan pupuk bersubsidi. Kartu Tani mulai berlaku 1 Januari 2018,” kata dia.

Yugo Utama salah-seorang perwakilan kantor wilayah Bank Mandiri Bandung mengatakan, petani yang hendak membeli pupuk harus terlebih dahulu mengisi saldo rekening terlebih dahulu.“Jadi petani harus nabung dulu di Mandiri Sehingga nantinya kartu tani ini bisa digunakan petani dalam membeli pupuk, dikios yang terdekat, ” tutur Yugo. (Caca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here