DPP Kota Bandung Bagi Benih Ikan ke Kelompok Tani

0
181
Salah-sorang petugas UPT pembenihan DPP Kota Bandung, Dodi saat memberikan bantuan benih ikan ke perwakilan kelompok tani budidaya ikan di Kota Bandung. (foto : caca)

TOPIKSATU.COM: Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung  menyediakan ribuan bibit ikan gratis untuk warga Kota Bandung . Sayangnya, sampai kini bibit-bibit gratis itu masih kurang diminati.

Kini DPP Kota Bandung  tengah  mensosialisasika agar warga yang membutuhkan bibit dan benih untuk mengajukan ke DPP  Dinas pangan dan pertanian Jalan Arjuna Kota Bandung .

Kepal Dinas Pangan dan Pertanian Elly wasliah, saat ini masih ada sekitar 50 ribu benur lele  maupun ikan hias yang ada di balai benih dinas pangan dan pertanian. Bagi warga Kota andung yang membutuhkan bibit ikan peruntukannya untuk budidya ikan maka kami akan berikan secara gratis tanpa dipungut biaya, kata Elly Wasliah, kemarin.

” Di UPT Pembenihan ikan yang baearda di jala Manisi  Kecamatan Cibiru Kota Bandung  Sengaja kami kembangkan, pertama untuk dibagikan  ke warga bagi yang berminat menjadi pelaku usaha dibidang perikanan, Ujar  Elly Wasliah.

Menurutnya, adapun syarat pengajuan benih untuk budidaya cukup mudah. Yaitu warga yang mengajukan cukup melapirkan surat ke dinas. Bisa dalam bentuk kelompok tani maupun perorangan, semuanya pengajuan akan diterima.

“Data-datanya harus dilengkapi. Mulai alamat warga Kota Bandung , klasifikasi kolam, luas kolam dan perencanaan pengembangan,” katanya.

Jumlah yang dibatasi oleh DPP tidak ditentukan  bergantung pada ukuran kolam. Biasanya maksimal akan diberikan 500 hingga 600 ekor benur dan bisa langsung diambil di kantor DPP Kota Bandung.

Drinya memastikan bahwa kualitas benur lele yang dibagikan warga adalah kualitas baik mereka dibudidayakan dalam lingkungan yang sehat.

“Kita pisahkan sesuai ukuran. Biasanya 25 hari sudah kita pindah. Yang besar tidak bisa dicampur dengan yang kecil sehingga warga yang memmerlukannya bisa memilih bibit ikan yang mau di budidaya oleh warga atau kelompok ,” tutur Elly Wasliah. (caca)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here