Parkiran dan PKL Menjadi Kendala Perbaikan Trotoar di Ganesha, Kota Bandung

0
667
Sejumlah kendaraan roda dua yang parkir di sepanjang jalan berdekatan dengan proyek perbaikan trotoar di Jalan Ganesha, Kota Bandung. * caca

BANDUNG, (TOPIKSATU.com) —  Pelaksanaan pengerjaan proyek trotoar di sepanjang  Jalan Ganesha , Kota Bandung, hingga kini mengalami kendala. Hal tersebut, disebabkan  masih banyaknya parkiran kendaraan roda dua dan empat di sepanjang  jalan tersebut . Akibatnya, pengerjaan  proyek  trotoar di jalan tersebut  terlihat tidak maksimal.

Dari  pantauan  di lapangan,  selain  parkiran  kendaraan roda dua maupun roda  empat, terdapat puluhan  pedagang kaki lima (PKL) yang  berjajar mengahalangi proses pengerjaan proyek  trotoar di Jalan Ganesha dari  siang hari hingga malam .

Menurut salah seorang pelaksana proyek trotoar,  Irwan, saat ditemui di lokasi proyek trotoar , mengakui pelaksanaan pengerjaan trotoar di Jalan Ganesha, Kota Bandung,  mengalami sejumlah kendala yang menyebabkan pengerjaan proyek trotoar  di jalan tersebut menjadi lamban.

“Di sepanjang Jalan Ganesha masih terdapat banyak titik parkiran kendaraan dan puluhan PKL, yang  hingga saat ini masih belum bisa ditertibkan. Akibatnya, sangat berpengaruh  pada saat pengerjaan trotoar di sepanjang jalan tersebut,” kata Irwan  Selasa, (5/12).

Menurut Irwan , sebelum proyek trotoar ini dikerjakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi  terlebih dulu ke  sejumlah pengurus parkir, pengurus PKL, pihak  ITB, dan rumah-rumah di sepanjang Jalan Ganesha tersebut.

“Tetapi pada kenyataannya,  masih saja ada parkiran atau PKL yang menghalangi pelaksanaan proyek trotoar tersebut,” terangnya

Ditambahkan Irwan, dalam sosialisasi pengerjaan proyek trotoar tersebut  pihaknya sudah mengirimkan surat ke instansi terkait,  yaitu Dinas Perhubungan dan Pertamanan, Satpol PP Kota Bandung. Namun soal parkiran  yang kewenangannnya ada pada  Dishub,  hingga kini pihak dari Dinas Perhubungan belum juga ada petugas yang turun ke lapangan untuk penertiban parkiran tersebut.

Koordinasi dengan dinas perhubungan pun, diakui Irwan,  seolah-olah mereka lepas tanggung jawab. Seakan-akan tidak mendukung proyek, seperti dipingpong .

“Proyek trotoar di Jalan Ganesha itu sudah jelas proyeknya Pemerintah Kota Bandung. Tetapi mengapa dalam koordinasi untuk penertiban sementara saja, tidak ada petugas Dishub yang turun. Padahal  bertahun-tahun  petugas retribusi  Dishub Kota Bandung  menerima setoran  uang parkir dari sejumlah pengurus parkiran yang ada di Jalan Ganesha .  Ironisnya, ini sama saja dengan lepas tanggung jawab,” papar  Irwan.*  caca

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here