Team Prabu Polrestabes Bandung Santuni Anak Yatim

0
493
Puluhan anak yatim berfoto bersama jajaran Team Prabu di Masjid As-Shuhada Polrestabes Bandung usai gelaran tasyakur bi ni’mah dalam rangka HUT perdana Selasa (7/11)

BANDUNG, TOPIKSATU.com – Team Prabu Polrestabes Bandung merupakan tim khusus yang dibentuk untuk melakukan pencegahan dan penindakan para penjahat jalanan yang meresahkan. Team Prabu juga ditugaskan memburu pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas), dan kejahatan jalanan lainnya. Team Prabu diberi keleluasaan untuk melakukan tembak di tempat terhadap para penjahat yang melakukan perlawanan ketika ditangkap.

Team Prabu dibentuk dengan melibatkan seluruh fungsi kepolisian di Polrestabes Bandung, diantarnya unsur Laka Lantas, Reserse, Narkoba, Sabhara dengan jumlah team 30 orang dan dibagi menjadi 3 Team yang beranggotakan 10 orang per team dengan durasi tugas 24 jam. Tim berseragam hitam-hitam ini bertanggung jawab langsung kepada Kapolrestabes, Wakapolrestabes dan Kabag operasi. Selain berpatroli, team khusus ini juga bertugas menyerap dan menggali informasi yang beredar di wilayah hukum Kota Bandung.

Tepat pada 7 November 2017 lalu Tim Prabu merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) pertamanya yang diisi do’a bersama dan pengajian yang dipimpin Ustadz Sarkum Anggota DKM Mesjid As-Shuhada Polrestabes Bandung. Selain itu Team Prabu juga menyantuni sekitar 60 anak yatim dari pesantren dan panti asuhan Al Albab Kota Bandung. Setelah selesai do’a bersama acara dilanjutkan pemotongan nasi tumpeng yang dilakukan oleh Kabag Sumda AKBP Dikdik Surtiwa mewakili Kapolrestabes Kombes Hendro Pandowo yang berhalangan hadir karena ada tugas luar.

Perayaan HUT yang berlangsung hidmat ini juga dihadiri para pejabat diantaranya Pamindal Bag ops Kompol Sukaryanto, Kasubbag Humas Kompol Santhi Rianawati, Ka Team Prabu 1 Ipda Taufik, Ka Team Prabu 2 Ipda Asep, Ka Team 3 Ipda Suyanto dan mantan Ka team 2 yang kini menjabat Panit satu Unit Lantas Polsek Sukajadi Ipda Sonny Rinaldi. Terlihat pula di lokasi acara puluhan anggota Club Motor, Anak-anak TK Bhayangkari dan warga sekitar.

Kabag Sumda AKBP Dikdik Surtiwa menjelaskan, manfaat keberadaan Team Prabu sudah dirasakan oleh masyarakat Kota Bandung sejak dibentuk setahun lalu. “Kiprah mereka mencegah dan memberantas kejahatan sudah teruji. Karena mereka sudah dibekali kemampuan, teknik dan taktik untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas, mudah-mudahan ke depan Team Prabu akan lebih baik lagi dan tetap semangat dalam bekerja sebagai team yang diandalkan oleh Polrestabes dan warga kota”,jelasnya.

Senada dengan Kabag Sumda, Kompol Sukaryanto sebagai Perwira menengah pengendali (Pamindal) Team Prabu menerangkan manfaat keberadaan Team Prabu ini menurutnya cukup signifikan dirasakan masyarakat karena mampu menghadirkan rasa aman dan nyaman. “Setelah ada Team Prabu masyarakat bisa leluasa keluar malam khususnya pada jam – jam dengan angka kecil. Kemampuan Team Prabu cukup memadai khususnya di dalam tugas pokok kepolisian yang diemban yaitu menjaga kamtibmas”, sebutnya.

Ka Team Satu Prabu Ipda Taufik mengungkapkan harapannya di HUt pertama ini untuk Team Prabu agar lebih kompak, solid dan dapat terus melayani masyarakat untuk menciptakan suasana keamanan Kota Bandung tetap kondusif. “Alhamdulillah peran kita menurut penilaian dari luar team sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tugas kita dalam hal pencegahan dan penindakan masalah kriminalitas jalanan dan kriminal – kriminal lainnya dinilai cukup efektif, katanya.

Hari ini kita adakan doa bersama dan tasyakur binimah dengan mengundang anak-anak yatim piatu agar Team Prabu tetap eksis dan para anggotanya sehat selamat selamanya. Saya himbau masyarakat agar dapat bersama – sama kepolisian khususnya Team Prabu untuk menjaga keamanan dan kondusifitas kota. Yang tak kalah penting adalah partisipasi dalam memberikan informasi situasi kamtibmas di lingkungan masing-masing mulai dari tingkat terkecil RT/RW kelurahan hingga kecamatan di Wilayah Hukum Polrestabes Bandung, ajaknya.

Di tempat sama usai acara Ka Team 3 Prabu Ipda Suyanto mempertegas kembali komitmennya untuk tetap memberikan yang terbaik bagi masyarakat. “Kita ditugaskan menjadi perlindung, pengayom dan pelayan masyarakat, ini yang tetap akan diperjuangkan demi menciptakan kondusifitas keamanan di Kota Bandung. Kita tidak akan pernah lelah dan terus akan maju, mudah – mudahan di hari jadi yang pertama Team Prabu Polrestabes Bandung tetap menjaga integritas, loyalitas dan bisa meningkatkan kinerja”,tandasnya.

Mantan Ka Team 2 Prabu Sonny Rinaldi yang turut hadir di lokasi acara mengutarakan harapannya, “mudah mudahan ke depan Team Prabu semakin maju dan jaya, saya selaku mantan Ka Team Prabu menghimbau agar rekan-rekan team lebih tegas, transparan dan akuntabel guna melindungi dan melayani masyarakat. Sistem kerja Team Prabu sudah bagus di mata masyarakat, bila ada kejadian apapun berkaitan gangguan kamtibmas saat itu juga akan meluncur baik siang maupun nalam.

Semua tindakan terkonsep dan terukur menurut prosedur hukum yang berlaku di wilayah hukum Polrestabes Bandung. Tugas pertama yaitu menghimbau kepada masyarakat supaya tidak melakukan hal – hal yang melanggar hukum, selanjutnya melakukan tindakan tegas jika terjadi kejahatan. Sebelum sekarang menjabat Panit 1 Unit Lantas Polsek Sukajadi saya menjabat sebagai Ka Team 2 selama 9 bulan. Di mata saya Team Prabu adalah team terbaik yang selalu tegas bertindak kepada para pelanggar terutama di malam hari,”, sebutnya. (Yusman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here