Dispangtan Kota Bandung Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

0
112
Petugas sedang memberikan pelatihan budidaya ikan air tawar

BANDUNG, TOPIKSATU.COM – Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung menggelar pelatihan budidaya ikan air tawar. Pelatihan yang digelar di Kelurahan Sukaluyu Kecamatan Cibenyingkaler itu diikuti sekurangnya 100 peserta.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kadis Pangan dan Pertanian Kota Bandung Elly Wasliah, melalui Bidang perikanan DRH. Sudarmaji mengatakan, pelatihan budidaya ikan ini kita lakukan di tiap2 kecamatan, yang mana memberikan kesempatan ke warga untuk menjadi wira usaha baru melelui belajar budidaya ikan, kata Sudarmadji, belum lama ini.

Menurutnya, ada 7 jenis ikan air tawar yang dibudidayakan mereka. Diantaranya, Ikan Lele, Ikan Baung, Ikan Patin, Ikan Mas Raja Danu, Ikan Koi, Ikan Nila, dan Ikan Gurami.
Sedangkan dipilihnya ikan darat dalam budidaya itu tambah Sudarmadji dikarenakan fasilitasnya sangat mudah dikembangkan, teknologi murah, serta mudah dipahami masyarakat. Sedangkan jika ikan laut maka akan sedikit sulit terutama pada kultur pakan alami, serta teknologi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan air tawar.

Setidaknya dari 9 kecamatan sudah terbentuk kelompok kelompok tani budidaya ikan. Sedangkan untuk kecamatan yang belum kita upayakan akan dilaksanakan pelatihan budidaya ikan juga, katanya.

Ditambahkan , dari pelatihan budidaya ikan itu, peserta juga diajarkan untuk memproses ikan yang sudah besar selain dijual, yaitu dengan cara mengeringkan (salai, red). Karena makanan olahan hasil dari perikanan  saat ini banyak diminati warga Bandung, tuturnya. (Caca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here