Bank BNI dan Paguyuban Sundawani Wirabuana Mou dan Sosialisasikan Smart Community

0
518

BANDUNG, TOPIKSATU.com – Program Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk keuangan inklusif (Laku Pandai) yang telah diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun lalu memungkinkan masyarakat membuka rekening tabungan, menabung, dan menarik dana melalui perantara agen bank.

Selain tabungan, diharapkan nantinya Laku Pandai juga dapat memberikan kredit mikro kepada nasabah dan menjual produk keuangan lainnya, seperti asuransi mikro. Namun, saat ini Laku Pandai baru memberikan layanan tabungan. Program Laku Pandai merekrut masyarakat untuk menjadi agen bank di daerahnya.

Bank menawarkan kepada siapa saja yang berminat menjadi agen mereka dengan cara membuat bank di rumah atau tempat usahanya. Agen Laku Pandai bisa dalam bentuk perorangan atau badan hukum yang bekerjasama dengan bank penyelenggara sehingga bisa menjadi kepanjangan tangan bank untuk melayani perbankan dan layanan keuangan lainnya dalam rangka keuangan inklusif.

Dalam rangka menangkap dan memanfaatkan program tersebut, PT. Bank Nasional Indonesia (BNI) melakukan penandatanganan Mou kerjasama dengan Paguyuban Sundawani Wirabuana. Bentuk kerjasama tersebut adalah pengaplikasian Smart Community pada organisasi yang berkantor pusat di Bandung tersebut.

Menurut Ketua umum Paguyuban Sundawani Wirabuana Robby Maulana Zulkarnaen, hal ini dilakukan agar Orang Sunda tak terlena dengan cerita jaman dahulu saat berjaya, jaman sekarang sudah beda, Sunda hanya kebagian sisa. “Mari kita hadapi masa dengan Sunda segala bisa dengan langkah nyata untuk masa depan.

Smart Community adalah sebuah konsep organisasi cerdas yang memanfaatkan teknologi untuk membantu anggotanya dalam mengelola sumber daya secara efisien. Hal ini demi menyikapi semakin berkembangnya teknologi informasi agar tidak ketinggalan zaman, Dalam konsep Smart Community diterapkan dalam sebuah tampilan aplikasi yang diantaranya memuat agenda komunitas, berita dan artikel, pembayaran BPJS serta fitur marke tplace.

Lalu terdapat berita dan artikel mengenai organisasi Sundawani Wirabuana dan berita-berita terkait kebudayaan sunda serta Kota Bandung. Pada fitur market place Anggota Paguyuban Sundawani Wirabuana dapat memasarkan barang-barang milik pribadi. Namun, sebelum mendapatkan aplikasi ini, pengguna diwajibkan mendaftarkan diri melalui website Sundawani-Wirabuana.org.

“Selain itu, fungsi penerapan Smart Community ialah untuk memaksimalkan komunikasi bagi para anggota organisasi serta mendukung pengembangan organisasi secara berkelanjutan. Karena misi kami setiap anggota itu harus berdaya, mandiri serta percaya diri secara ekonomi. Setiap organisasi pastinya memiliki anggota yang banyak, tetapi jika tidak berbuat apa-apa akan mubazir”, ungkapnya.

“Agenda komunitas akan tersusun rapi berupa kalender dengan mark (tanda) pada tanggal yang terdapat sebuah agenda komunitas atau jadwal pertemuan komunitas”, jelas Robby di Lokasi Mou Gedung Paguyuban Sunda Jalan Sumatera Bandung, Sabtu (14/10/2017). Mou dilakukan usai sosialisasi program tersebut antara Robby Maulana Zulkarnaen sebagai Ketua Umum Paguyuban Sundawani Wirabuana dan Dadang Setiabudi mewakili pihak PT.BNI. (Yusman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here