Bertani Tembakau mulai diminati Warga Bandung

0
193
tembakau
Ilustrasi

BANDUNG– Semenjak dikenal dan mulai ditanam sebagian petani di Kota Bandung baru-baru ini, tanaman tembakau bisa dikatakan menjadi salah satu jenis tanaman pertanian paling cukup diminati sebagian petani, khususnya di Provinsi Jawa Barat .

Jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak air, tahan panas dan bisa hidup di daerah lahan kering atau tadah hujan menjadikan tanaman tembakau menjadi tanaman yang kini mulai diminati oleh warga Bandung .

Menurut Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura (Dispangtan) Kota Bandung Ir. Eva Yosida,M.Si, mengatakan,  menanam  tembakau itu sangatlah mudah, selain tidak membutuhkan banyak air tanaman ini mampu hidup di daerah  tadah hujan. Sehingga kami kenalkan ke para petani yang ada di Kota Bandung agar mereka mau memulai menanam tembakau, katanya Eva Yosida kemarin.

Menurutnya, tanaman tembakau banyak jadi pilihan, disamping lebih menguntungkan juga tidak membutuhkan banyak air. Apalagi saat ini di Kota Bandu  hampir 4 bulan langka  hujan, terangnya.

Dia menjelaskan,  jika sebagian petani yang sudah menanam tanaman tembakau  dengan sungguh-sungguh dan  tekun  maka hasilnya pun banyak menguntungkan  petani. Setelah panen biasanya sebagian besar petani tidak mau menanami areal lahan sawahnya dengan padi maupun palawija, Namun untuk kedepan  sebaiknya  mencoba dengan tanaman  tembakau, diharapkan bisa menambah penghasilannya, jelas Eva.

Eva menambahkan,  dari sisi keuntungan yang didapatkan maupun biaya yang dikeluarkan  bertani tanaman tembakau juga relatif lebih terjangkau di bandingkan dengan menanam tanaman yang lainnya.

“Menanam tembakau, kalau dari sisi biaya relatif lebih sedikit, dari sisi perawatan juga tidak sulit seperti tanaman lain, tanam dan tunggu sampai hidup kasih pupuk dan air sampai masa panen tiba,” tegasnya.

Ditambahkan,  dari sisi ekonomi jika dibandingkan dengan tanaman lain, menanam tembakau juga jauh lebih menguntungkan dibandingkan jenis tanaman lain seperti tanaman palawija. Sebab, satu kali tanam keuntungan yang didapatkan bisa dua sampai tiga kali menanam tanaman palawija seperti jagung dan tanaman lainnya, sehingga tanaman tembakau kini sudah banyak di minati olegpetani di Bandung , tutur Eva Yosida (caca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here