Kemenkumham Jabar Latih 200 Penyidik Bekasi

0
206
Kepala Kantor Kemenkumham Jabar( Indro Purwoko) saat memberikan materi kepada ratusan penyidik PPNS dan penyidik Polres Bekasi ,di Hotel Horison, Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi, Rabu(23/8)

BEKASI– Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia Republik Indonesia Wilayah Jawa Barat belum lama ini menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Penidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Rabu (23/8) tersebut berlangsung di Hotel Horison Jalan Ahmad Yani Kota Bekasi Jabar.

Maksud dan tujuannnya sosialisasi penyidik pegawai negeri sipil ini, adalah untuk sinergitas penyidik pegawai negeri sipil dan kepolisian Republik Indonesia dalam mewujudkan penegakan hukum yang berkualitas, dalam kegiatan sosialisasi tersebut di ikuti oleh perwakilan dari penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) dari masing-masing Pemda dan Pemkot Bekasi, selain itu juga hadir dari penyidik Purwakarta, Polres Bekasi, Polres Subang dan Polres Kawarang.

Adapun sebagai narasumber penytampai materi dalam sosialisasi PPNS tersebut antara lain Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Jabar, Kasi Korwas PPNS DIT RESKRIMSUS Polda Jabar, dan dari Kepala Satuan Pamong Praja, Provinsi Jawa Barat dengan para peserta sosialisasi.

Baca juga: Kemenkumham Jabar Lakukan Redistribusi Warga Binaan

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat Indro Purwoko didampingi Kepala Divisi Yankum Seprizal dan Kepala Divisi PAS Mulyanto mengatakan, sosialisasi ini merupakan sosialisasi mengenai tugas-tugas penyidik pegawai negeri sipil agar diantara penyidik harus bersinergi antara penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) dengan Kepolisian Republik Indonesia, kata Indro Purwoko.

Dalam rangka mewujudkan penegakan hukum yang berkualitas di Jawa Barat bahwa masih banyak masyarakat yang belum tahu bahwa disamping penyidik polisi itu ada penyidik pegawai negeri sipil. Dimana penyidik pegawai negeri sipil itu diberikan kewenangan yang sama dengan penyidik POLRI untuk melakukan penegakan hukum sesuai dengan undang-undang yang menjadi dasar hukumnya, kata Indro Purwoko.

“Tujuan sosialisasi ini yang pertama yaitu supaya masyarakat mengetahui bahwa ada penegak hukum yang namanya penyidik pegawai negeri sipil atau (PPNS) yang kedua yaitu membangun sinergitas antara penyidik pegawai negeri sipil dengan penyidik POLRI tujuannya adalah membangun suatu penegakan hukum yang berkualitas sesuai dengan aturan undang-undang tentang tugas dan fungsi dari sebagai penyidik,” paparnya.

Dia menambahkan, adapun peserta yang hadir dalam sosialisasi ini antaralain, yaitu hadir dari beberapa penyidik didaerah sewilayah PURWABESUKA . Selain itu hadir juga dari masyarakat umum terdiri dari tokoh-tokoh masyarakat pegawai negeri sipil dan non PNS CPNS dan mahasiswa agar mereka juga mengetahui dan menyebarluaskan sekaligus memahami tugas-tugas menjadi pegawai negeri sipil yang sebenarnya, terang nya

Menurutnya, sosialisasi tentang penyidik PPNS ini merupakan kegiatan yang secara rutin di laksanakan di tiap tiap daerah di Jawa Barat karenanya melalui kegiatan ini diharapkan penyidik lebih faham dan mengerti tentang tugas pokok mengenai kewenagan dan batasan kinerja para penyidik. sehingga penyidik juga harus melaksanakan tugas sesuai porsinya sesuia dengan undang-undang, tutur nya (Caca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here